Mar 25, 2013

Hindari Jadwal Bentrok, Trayek Penyeberangan ke Bawean Diundi


Gresik (beritajatim.com) - Untuk menghindari jadwal bentrok penyeberangan ke Pulau Bawean. Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik melakukan hal yang unik dengan cara melakukan pengundian trayek.

Undian tersebut sengaja dilakukan karena sebelumnya. Dua kapal cepat yakni Ekspress Bahari 8C dan MV Tungkal Samudera 01 berangkat dengan jadwal yang sama.

Dalam pengundian itu, juga dilibatkan otoritas pelabuhan Syahbandar Adpel Gresik serta perwakilan PT Pelayaran Sakti Makmur pemilik Ekspres Bahari 8C yang diwakili oleh Kunto Pratogo dan PT Restu Pertiwi Buana pemilik MV Tungkal Samudra 01 yang diwakili oleh Adnand Kashogi.

Hasil undian terbagi dalam dua trayek yaitu trayek I dengan jadwal pelayaran Gresik-Bawean yaitu hari Sabtu-Minggu-Rabu dilayani oleh kapal MV Tungkal Samudera 01. Sedangkan Trayek II dengan jadwal Gresik-Bawean pada hari Minggu-Selasa-Kamis akan dilayani oleh Kapal Ekspres Bahari 8C.

"Jadwal ini berlaku setelah tanggal 17 Pebruari 2013. Untuk jadwal besok sampai tanggal 16 masih berlaku jadwal yang telah dibuat oleh pihak Dishub Gresik," ujar Sekda Pemkab Gresik, M.Najib, Senin (11/02/2013).

Menanggapi hal ini, Kunto Prayogo pemilik kapal cepat Ekspress Bahari 8C menuturkan, kesalahan Rabu kemarin karena kedatangan jadwal pihak Dishub Gresik datang pada Selasa sore. Padahal, tiket penumpang sudah banyak yang terjual. "Kami akan mematuhi jadwal yang telah ditentukan Pemerintah," tuturnya.

Dalam koordinasi ini juga ditetapkan kesepakatan, apabila cuaca buruk yang telah ditentukan oleh pihak berwenang, maka operator pelayaran dibebani kewajiban membantu pemerintah untuk mengupayakan penyeberangan penumpang.

No comments:

Post a Comment