Apr 23, 2013

Relokasi Makam di Lapter Bawean Jenazah dan Kain Kafan Masih Utuh




Relokasi makam warga Dusun Pejinggahan, desa Tanjungori, kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik, dimulai hari ini (senin, 22/4/2013).

Sebanyak 16 makam warga yang berada di landasan pacu lapangan terbang Pulau Bawean di desa Tanjungori, dipindahkan ke makam umum Dusun Pejinggahan.

Pembongkaran pertama dihadiri Muspika kecamatan Tambak, Kantor Urusan Agama (KUA) Tambak, aparat desa Tanjungori. 

Atas permintaan pihak keluarga yang bernama Kotek Hasani, jenazah Afsin bin Muhammad yang meninggal dunia tahun 1992 dilakukan pembongkaran untuk direlokasi.

Setelah dilakukan pembongkaran, ternyata jenazah Afsin bin Muhammad masih utuh yang dilengkapi kain kafannya. Keutuhan tersebut membuat kagum seluruh aparat termasuk warga yang hadir dalam pelaksanaan pembongkaran.

Ilham Syifak sebagai Kepala Desa Tanjungori dihubungi Media Bawean (senin, 22/4/2013) mengatakan relokasi pertama dimulai hari ini, tepat jam 09.00 WIB. awal pembongkaran makam, selanjutnya jenazah warga yang masih utuh kain kafannya dipindah ke makam penduduk dusun Pejinggahan.

"Proses melibatkan Muspika kecamatan Tambak, Kepala KUA, aparat desa Tanjungori bersama tokoh ulama dan warga Pejinggahan,"katanya.

"Pelaksanaan pertama berjalan lancar tanpa hambatan, telah merelokasi 1 makam warga. Semuanya ada 16 makam akan dipindahkan,"paparnya.

Menurutnya,  makam yang direlokasi adalah makam pribadi, bukan makam umum. "Sehubungan warga yang keluarganya meninggal dunia lalu dimakamkan di depan rumah untuk mempermudah merawat dan mendo'akan,"terangnya.

No comments:

Post a Comment