Feb 21, 2012

Soto Ikan Boyan Hadir di Batam

21 Februari 2012


Sebagai kota industri, Batam, Kepulauan Riau, menjadi salah satu tujuan orang dari berbagai daerah untuk mencari pekerjaan. Hal inilah yang membuat kota yang berhadapan langsung dengan negara Singapura dan Salaysia ini tak pernah sepi dari pendatang.

Tidak aneh jika masakan khas daerah lain di Nusantara banyak dijumpai di Batam. Contohnya, soto ikan boyan yang merupakan makanan khas Pulau Bawean, Jawa Timur. Yang membuat beda dengan soto pada umumnya adalah pada penggunaan bumbu-bumbu dan cita rasa.

Dengan campuran bumbu yang pas membuat soto ikan boyan memilki cita ras yang berbeda dengan soto pada umumnya. Untuk menjaga keaslian cita rasa soto ikan boyan agar sama dengan rasa di daerah asal maka pemilik mendatangan sebagian bumbu dan rempah rempah dari Surabaya.

Meski terbilang baru, makanan asli Pulau Bawean ini laris manis diserbu para warga Batam. Harga untuk satu porsi juga tidak terlalu mahal. Mereka yang menikmati soto ikan boyan ini tidak selamanya dari Surabaya. Ada juga dari daerah lain bahkan keturunan Cina.

No comments:

Post a Comment