Apr 29, 2011

PULAU BAWEAN MASIH TERPINGGIR


Pulau Bawean terbagi dua kecamatan, yaitu kecamatan Sangkapura dan kecamatan Tambak. Diantara dua kecamatan, mana lebih maju?

Suropadi sebagai Camat Tambak dihubungi Media Bawean menyatakan perbandingan antara kecamatan Tambak dengan Sangkapura, ibarat bayi masih merangkak sedangkan kecamatan Sangkapura sudah berlari.

"Sebelum pemerintahan Sambari - Qosim, fakta berbicara bila pemerintah daerah lebih memperioritaskan kecamatan Sangkapura dibandingkan kecamatan Tambak, seperti pembangunan jalan lingkar Bawean,"katanya.

"Kita optimis kedepan akan berimbang, apalagi setelah lapangan terbang sudah beroperasi tentunya membawa kemajuan lebih baik,"ujar Suropadi.

Sekcam Sangkapura, Imam Subekti menilai sama saja, kelebihan dan kekurangannya itu dimana-mana pasti ada. Kecamatan Sangkapura, walaupun ada di kepulauan terpencil dalam lomba desa kemarin ternyata mampu sebagai juara 2 tingkat Kabupaten Gresik. Yaitu desa Kotakusuma, berarti bagus kan, keberhasilan Camat Sangkapura dalam melakukan pembinaan ke desa-desa bersama stafnya.

Yahya Zaini menyatakan lebih maju Sangkapura, karena dari dulu perhatian pemerintah lebih besar. Lihat saja dari struktur dan fasilitas pemerintahan lebih banyak di Sangkapura. Sejak zaman Belanda, Sangkapura sudah dijadikan pusat Bawean, tata ruang kota Sangkapura lebih rapi dari Tambak.

Budayawan Bawean, M. Natsir Abrari menilai itu relatif, tergantung dari sudut pandang mana untuk menilai. Secara infratruktur tentu lebih maju Sangkapura, selain letrak geografis lebih dekat ke ibu kota Kabupaten Gresik, juga luas wilayah dan jumlah desa lebih banyak dibandingkan kecamatan Tambak.

Wardy Azzahury asal Kepuhteluk mengungkapkan lebih maju Sangkapura, karena pelabuhan sebagai gerbang keluar masuk Pulau Bawean ada di Sangkapura. Hampir semua alat penunjang aministrasi negara letaknya di Sangkapura, seperti Samsat, Metorologi dan lain-lain. Perhatian pemerintah lebih condong memperhatikan Sangkapura, mungkin setelah lapangan terbang sudah bergfungsi, kecamatan Tambak bisa mengejar kemajuan kecamatan Sangkapura. (bst)

No comments:

Post a Comment