Jul 5, 2012

Cegah 'kumpul kebo', Walikota Madiun selenggarakan nikah massal



MADIUN ( Jawa Timur) -  Tak ingin ada rakyatnya yang hidup 'kumpul kebo' serta untuk memenuhi perintahNya, bertempat di Wisma Haji, Walikota Madiun, Jawa Timur, H.Bambang Irianto menikahkan 17 pasang putra-putri (baca:rakyatnya) yang belum resmi menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) maupun Catatan Sipil, Rabu (4/7/2012).

Selain nikah gratis, masing-masing pasangan mendapatkan uang untuk syukuran di rumah sebesar Rp 700 ribu dan rias gratis. Masing-masing pasangan juga diberi keleluasaan untuk membawa serta keluarganya hingga 14 orang.

Dalam acara nikah massal yang diikuti dari berbagai kelurahan yang ada di tiga kecamatan, Taman, Kartoharjo dan Manguharjo, pasangan tertua yakni Suparno (65 tahun), warga Kelurahan Nambangan Lor kecamatan Manguharjo dengan pasangannya, Suprihatin (53 tahun), asal desa Wonokerto kecamatan Jetis, Ponorogo. Sedangkan pasangan termuda, Fauzi Anggris Praditya (21 tahun) warga Jalan Gambir Sawit RT 19/VII kelurahan Sogaten, kecamatan Manguharjo dengan pasangannya Dina Cholisa (19 tahun) asal desa Sidomulyo kecamatan Sawahan, kabupaten Madiun. Dari 17 pasangan yang dinikahkan, dua pasangan merupakan pasangan non muslim.

Layaknya menikahkan putranya sendiri, dengan berjalan pelan dan penuh kasih sayang serta diiringi gending Kebo Giro (musik jawa pengiring pengantin), Bambang Irianto dan Ny.Lis Bambang Irianto, mengikat pasangan pengantin dengan selendang untuk diantar ke pelaminan menemui para undangan.

Menurut Bambang Irianto, acara nikah massal dalam rangka Hari Jadi Kota Madiun ke-94 ini, dimadsudkan agar para pasangan yang sebelumnya hanya ijab siri (nikah secara agama), dikemudian hari tidak kesulitan dalam hal mengurus masalah administrasi tentang putranya.

"Saudara-saudara ini enak lho. menikah gratis dan dikasih uang saku. Yang lebih hebat lagi, undangannya saja yang datang Walikota, Kajari, ketua DPRD dan para pejabat lainnya. Kalau saudara nikah dirumah, Lurah saja belum tentu datang", kata Walikota Madiun, H.Bambang Irianto, dalam sambutannya dengan berkelakar.

No comments:

Post a Comment